Jurus Jitu Bagi Lulusan SMK Cepat Dapat Kerja

  • Post category:BKK Kegiatan

Kegiatan ini diikuti oleh kelas XII Teknik Kendaraan Ringan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengurangi jumlah angka penganggura yang rata-rata berasal dari SMK. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga mampu menambah pengetahuan mereka saat melamar pekerjaan, sehingga para calon lulusan kelas XII, setelah lulus mampu diterima pada perusahaan ternama.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama di hari Kamis, membahas tentang konsep penulisan surat lamaran kerja, tips melamar kerja, wawancara, psikotes, dan cara menghindari penipuan lamaran kerja yang banyak terjadi saat ini. Sedangkan sesi kedua di hari Jumat membahas tentang proses pengaplikasian dari konsep yang dilaksanakan di hari Kamis, seperti praktek bagaimana cara menulis surat lamaran kerja, wawancara yang dengan tepat dan benar.

Adapun beberapa jurus jitu pembuatan CV, wawancara, dan cara mewaspadai penipuan dipaparkan di bawah ini. Pertama, tips menulis curriculum vitae yakni jujur, singkat dam jelas tidak lebih dari 2 halaman – A4. Simple dan menarik, pastikan alamat email dan nomor handphone sudah tepat, dan update, rekomendasi website pembuat CV online yakni resume.com, resumebanking.com, visual, livecareer.com, sedangkan alur proses seleksi karyawan yakni screening process, psikotes, wawancara, tes kesehatan, tanda tangan perjanjian kerja, penerimaan karyawan.

Kedua, tips saat wawancara yakni, pelajari perusahaan dan pekerjaan yang akan dilamar, persiapan paragraf singkat untuk perkenalan diri, kelebihan, dan kekurangan, banyak berlatih untuk berbicara. Sehari sebelum tes yakni istirahat cukup, persiapan berkas dan alat tulis, persiapan pakaian yang akan digunakan, cari informasi lokasi tes. Saat tes, sarapan yang cukup, datang 30 menit sebelum waktu tes dimulai, jaga kontak mata.

Kedua, tes kesehatan, yakni persiapan yang dilakukan sebagai berikut. Banyak minum air putih, dan jaga pola makan. Sehari sebelum tes kesehatan yakni mencari informasi lokasi tes kesehatan, puasa 10-12 jam sebelum tes kesehatan, sehari saat tes mengikuti prosedur pemeriksaan kesehatan,

Cara mewaspadai penipuan yakni menggunakan domain website atau email gratisan, iklan lowongan beredar melalui sms atau whatsapp, menghubungi nomor selular, penawaran pekerjaan yang tidak wajar, dan diminta mengganti biaya administrasi.

Kegiatan ini ditutup dengan permainan  role play proses wawancara. Bukan hanya itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi pembagian hadiah dan pemberian doorprize, serta foto bersama. Harapan dari kegiatan ini adalah mampu meningkatkan skill dan kompetensi siswa di bidang persiapan melamar kerja, sehingga lulusan SMK mampu mengubah isu jika SMK adalah lulusan yang paling banyak mengasilkan pengangguran, menjadi lulusan SMK banyak diterima pekerjaan” Ujar Bapak Danny selaku Kepala Prodi Teknik Kendaraan Ringan.